arti kekahan menurut islam Aqiqah Almeera

Arti Kekahan Menurut Islam

Ketika membahas arti kekahan menurut Islam, kita tak dapat mengabaikan pentingnya aqiqah dalam kehidupan seorang muslim. Ayah Bunda, mari bersama-sama menjelajahi makna mendalam di balik ritual ini, serta menyingkap dalil dan hikmah yang terkandung di dalamnya.

 

Aqiqah dalam IslamAqiqah dalam Islam

Apa itu aqiqah dalam Islam? Arti aqiqah atau kekahan menurut islam merupakan sebuah tradisi atau ritual dalam yang melibatkan pemotongan hewan sebagai ungkapan syukur atas kelahiran seorang anak. Istilah aqiqah sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti pemotongan atau memotong. Secara harfiah, aqiqah mencerminkan tindakan pemotongan hewan yang kemudian dipersembahkan kepada Allah SWT sebagai bentuk rasa syukur atas karunia kelahiran.

Aqiqah artinya, secara bahasa, lebih dari sekadar tindakan pemotongan hewan. Ia merangkum makna lebih dalam yang mencakup pengorbanan, dedikasi, dan rasa syukur. Pemotongan hewan ini bukanlah sekadar upacara tradisional, melainkan suatu bentuk ibadah yang diisyaratkan dalam ajaran agama Islam sebagai wujud penghormatan terhadap anugerah kehidupan yang diberikan oleh Allah.

Namun, apa yang terjadi jika anak tidak di aqiqah? Tidak melaksanakan aqiqah dapat memiliki konsekuensi serius dalam konteks kepercayaan dan keyakinan Islam. Aqiqah bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga sebuah kewajiban dan bentuk tanggung jawab orang tua terhadap anak yang baru lahir. Tidak melakukan aqiqah bisa dianggap sebagai kelalaian terhadap tuntunan agama dan dapat mempengaruhi perlindungan spiritual anak, serta mendatangkan kerugian sosial dan spiritual dalam masyarakat Muslim. Oleh karena itu, aqiqah menjadi satu bagian penting dalam membina keluarga yang taat kepada ajaran Islam.

 

Kapan Waktu Aqiqah Menurut Islam?

Menurut ajaran agama Islam, aqiqah sebaiknya dilaksanakan secepat mungkin setelah kelahiran anak. Tidak ada batasan waktu yang baku, namun semakin cepat pelaksanaan aqiqah dilakukan, semakin baik. Hal ini mencerminkan keinginan untuk segera menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran anak.

Baca Juga :  Tema Aqiqah Anak Perempuan

Apakah ada batas usia untuk aqiqah? Meskipun tidak ada batasan usia yang pasti untuk pelaksanaan aqiqah, ajaran Islam menekankan pentingnya untuk segera melaksanakan aqiqah setelah kelahiran anak. Tidak ada keharusan menunggu hingga anak mencapai usia tertentu. Sebaiknya, aqiqah dilakukan sesegera mungkin setelah kelahiran sebagai bentuk tanggapan cepat terhadap nikmat kelahiran yang diberikan oleh Allah SWT.

Lalu, kambing aqiqah untuk anak perempuan sebanyak berapa? Jumlah kambing aqiqah yang disyariatkan dalam Islam untuk anak perempuan sama dengan anak laki-laki, yaitu satu kambing. Hal ini berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah:

عَنْ أَبِي رَزِينٍ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ” عَنِ الْغُلاَمِ سَدَسُونَ وَعَنِ الْجَارِيَةِ ثَلاَثُونَ” (رواه أبو داود والنسائي وصححه الألباني)

Artinya: “Dari Abu Raziin, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda: ‘Untuk anak laki-laki adalah enam puluh (dirham), dan untuk anak perempuan adalah tiga puluh.'”

 

Dalil AqiqahDalil Aqiqah

Dalil aqiqah dalam Islam didasarkan pada ajaran Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Salah satu hadits yang menjadi landasan ajaran aqiqah adalah sebagai berikut:

Hadits:

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ، أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم عَنْ عَقِيقَةِ الْجَارِيَةِ وَهِيَ أَوْلَادُ الإِسْلَامِ، فَقَالَ ‏”‏ الْعَقِيقَةُ عَنْ كُلِّ صِبْيَانٍ تُذْبَحُ عَنْهُ الشَّاتَانُ فَيَنْمُونَ مَكْتُوبًا وَيَعْتَقُهُمْ ‏”‏‏.‏ (رواه البخاري)

 

Artinya:

Dari Samurah bin Jundub, bahwa seseorang bertanya kepada Nabi SAW tentang aqiqah untuk anak perempuan. Beliau bersabda, “Aqiqah itu untuk setiap anak yang baru lahir, disembelihkan untuknya hewan kurban, menyembelih untuknya hewan untuk menghilangkan dari bayi itu keburukan dan supaya tumbuh nanti sebagai orang yang bersih, serta memerdekakannya.”

Hadits ini menegaskan bahwa aqiqah bukan hanya berlaku untuk anak laki-laki, tetapi juga untuk anak perempuan. Nabi Muhammad SAW memberikan petunjuk bahwa aqiqah adalah sarana untuk membersihkan dan memberkahi anak, serta sebagai bentuk perlindungan dari gangguan syaitan.

Baca Juga :  Tasyakuran Aqiqah Adalah: Tradisi Syukuran dalam Islam

 

Hikmah AqiqahHikmah Aqiqah

Hikmah-hikmah dari pelaksanaan aqiqah dalam Islam melibatkan aspek spiritual, sosial, dan kemanusiaan. Berikut adalah beberapa hikmah dan tujuan dari aqiqah:

1. Ibadah dan Penghormatan kepada Allah

Aqiqah adalah bentuk ibadah kepada Allah SWT yang dilakukan sebagai tanda syukur atas anugerah kelahiran anak. Dengan melakukan aqiqah, orang tua menyatakan ketaatan dan penghormatan kepada Sang Pencipta, mengakui bahwa setiap karunia datang dari-Nya.

2. Perlindungan Spiritual Bagi Anak

Aqiqah dianggap sebagai sarana untuk memberikan perlindungan spiritual kepada anak yang baru lahir. Pemotongan hewan kurban dalam aqiqah diharapkan dapat menjauhkan anak dari gangguan syaitan serta membawa berkah dan keberkahan dalam kehidupannya.

3. Pemberian kepada yang Membutuhkan

Proses pembagian daging kurban kepada fakir miskin dan kaum yang membutuhkan dalam aqiqah mencerminkan nilai kepedulian sosial. Ini memperkuat ikatan antaranggota masyarakat dan mendorong spirit berbagi rezeki, sejalan dengan ajaran Islam tentang kepedulian terhadap sesama.

4. Penguatan Ikatan Keluarga

Aqiqah juga memiliki hikmah dalam mempererat ikatan keluarga. Proses ini melibatkan keluarga besar dan kerabat yang turut berpartisipasi dalam merayakan kelahiran anak. Kebersamaan ini tidak hanya memperkuat hubungan keluarga, tetapi juga menciptakan momen kebahagiaan yang diingat bersama.

5. Berkah dan Keberkahan

Aqiqah diharapkan membawa berkah dan keberkahan dalam kehidupan anak yang baru lahir. Perlaksanaan aqiqah dengan penuh kesadaran dan keikhlasan diharapkan dapat membuka pintu rahmat Allah, serta memberikan keberkahan dalam segala aspek kehidupan anak tersebut.

6. Pengajaran Nilai-Nilai Agama

Melalui pelaksanaan aqiqah, orangtua memberikan pengajaran nilai-nilai agama kepada anak. Ritual ini menjadi sarana untuk membiasakan anak dengan praktik-praktik keagamaan Islam dan mengenalkannya pada tanggung jawab agama yang harus dijalankan sejak dini.

Baca Juga :  Menu untuk Acara Aqiqah

7. Menunjukkan Rasa Syukur kepada Allah

Tujuan utama aqiqah adalah menunjukkan rasa syukur keluarga atas kelahiran anak kepada Allah SWT. Ritual ini memperkuat hubungan spiritual dan mengajarkan keluarga untuk bersyukur atas anugerah kehidupan yang diberikan.

8. Pelaksanaan Nazar dan Tunaikan Janji

Aqiqah sering kali dilakukan sebagai pelaksanaan nazarnya orang tua atas kelahiran anak. Orang tua yang sebelumnya berjanji untuk melakukan aqiqah sebagai bentuk pengabdian kepada Allah, menunaikannya sebagai wujud ketaatan terhadap janji tersebut.

9. Memberikan Nama dan Identitas

Seiring dengan pelaksanaan aqiqah, seringkali juga dilakukan proses pemberian nama kepada anak. Nama yang dipilih memiliki makna dan identitas yang baik, menjadi langkah penting dalam menentukan jati diri anak dalam masyarakat.

 

Kesimpulan

Kekahan menurut islam adalah tradisi yang kaya arti, makna, mencakup aspek syukur, keberkahan, dan solidaritas. Dari makna bahasa hingga dalil-dalil ajaran Islam, aqiqah merupakan perwujudan kekahan dalam Islam. Melalui ritual ini, Ayah bunda tidak hanya menyambut kelahiran anak dengan sukacita tetapi juga menguatkan ikatan spiritual dan moral antara orang tua dan anak. Dalam melaksanakan aqiqah, Ayah Bunda meneguhkan nilai-nilai keislaman, memperkuat ikatan keluarga, dan menyebarkan kebahagiaan kepada yang membutuhkan.

Aqiqah Almeera, tempat di mana kebahagiaan keluarga diselaraskan dengan makna kekahan menurut Islam. Pesanlah paket aqiqah kami sekarang, dan nikmati momen berharga kelahiran anak dengan penuh keberkahan. Dengan layanan berkualitas, harga terjangkau, dan pemotongan hewan kurban yang sesuai dengan ajaran Islam, Aqiqah Almeera adalah pilihan utama untuk merayakan kehidupan dengan makna yang mendalam. Percayakan kepada kami untuk menyelenggarakan aqiqah Ayah Bunda dan saksikan kebahagiaan keluarga yang tumbuh bersama nilai-nilai keislaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top