dekorasi aqiqah sederhana

Dekorasi Aqiqah Sederhana dan Murah dengan Merangkai Balon Sendiri

Dekorasi aqiqah sederhana – Menyambut kelahiran seorang bayi perempuan maupun laki-laki dapat dengan melaksanakan aqiqah. Acara tersebut ditandai dengan memotong hewan sembelihan, memotong rambut si bayi, dan memberikan nama yang baik.

Meskipun tidak wajib, dekorasi aqiqah juga menjadi elemen penting dalam menambah semaraknya acara tersebut. Namun, tidak semua orang memiliki anggaran yang besar untuk dekorasi yang mewah dan mahal.

Untungnya, ada cara sederhana dan murah untuk membuat dekorasi yang indah dan berkesan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan balon buatan sendiri. Artikel ini akan mengajarkan menjelaskan bagaimana membuat dekorasi aqiqah sederhana dan murah menggunakan balon buatan sendiri.

Memilih Tema dan Warna yang Cocok

tema aqiqah

Sebelum memulai pembuatan dekorasi aqiqah dengan balon, yang pertama yaitu memilih tema dan warna yang sesuai dengan acara tersebut. Misalnya, jika merayakan kelahiran seorang bayi perempuan, ayah dan bunda bisa memilih tema seperti “Ballerina” atau “Princess” dengan warna-warna lembut seperti merah muda, putih, atau ungu. Pemilihan tema dan warna yang tepat akan membantu menciptakan suasana yang sesuai dengan acara aqiqah.

Merangkai Balon

balon dekorasi aqiqah

Mendekorasi aqiqah sederhana bisa dilakukan dengan membuat balon buatan sendiri. Ayah dan bunda dapat menggunakan balon biasa yang mudah ditemukan di toko-toko pesta atau supermarket. Ada beberapa cara sederhana untuk membuat balon terlihat lebih menarik dan sesuai dengan tema aqiqah yang dapat ayah dan bunda pilih :

Balon dengan Warna Tema

Pertama, pastikan memiliki balon dengan warna yang sesuai dengan tema aqiqah anak perempuan atau laki-laki. Misalnya, jika bertema “Princess” dengan warna merah muda, gunakan balon berwarna merah muda untuk menciptakan suasana yang lebih menyenangkan.

Balon dengan Pita dan Hiasan

Selanjutnya, menghias balon dengan pita atau hiasan kecil. Misalnya, ikat pita dengan warna yang sama di bagian bawah balon atau tempelkan stiker berbentuk bintang atau mahkota di permukaan balon. Hal ini akan membuat balon terlihat lebih menarik dan sesuai dengan tema aqiqah.

Baca Juga :  Aqiqah Anak Umur 10 Tahun

Balon dengan Huruf atau Angka

Untuk memberikan sentuhan pribadi pada dekorasi aqiqah, ayah dan bunda juga dapat menggunakan balon berbentuk huruf atau angka untuk menulis nama bayi atau umur si bayi. Ini adalah cara yang sederhana namun efektif untuk membuat dekorasi menjadi lebih personal.

Susunan dan Tata Letak Balon

Setelah membuat balon dengan berbagai variasi dan hiasan, langkah selanjutnya adalah menata balon sesuai dengan tata letak yang diinginkan. Ayah dan bunda dapat membuat dinding balon di belakang meja makan atau menggantung balon dari langit-langit ruangan. Pastikan untuk menjaga keseimbangan warna dan ukuran balon agar terlihat rapi dan estetis.

Menggabungkan Dekorasi Tambahan

Selain balon, dapat ditambahkan dekorasi tambahan untuk melengkapi suasana aqiqah yang sederhana namun indah. Beberapa pilihan dekorasi tambahan yang dapat dipertimbangkan, diantaranya adalah :

Meja Makan yang Sederhana

Gunakan meja makan dengan hiasan sederhana seperti taplak meja berwarna netral atau bunga-bunga segar di tengah meja. Meja makan yang sederhana akan memberikan kesan yang elegan dan rapi.

Lampion dan Lampu Hias

Ayah dan bunda juga dapat menggunakan lampion atau lampu hias untuk menciptakan suasana yang hangat dan romantis. Gantungkan lampion di sekitar ruangan atau pasang lampu hias dengan warna-warna yang lembut untuk menciptakan efek pencahayaan yang indah.

Bunga Segar atau Buatan

Tambahkan sentuhan alami pada dekorasi dengan menempatkan bunga segar atau buatan di beberapa sudut ruangan. Pilihlah bunga dengan warna yang senada dengan tema aqiqah untuk memberikan kesan harmonis.

Menyusun Display Makanan dan Minuman

display makananSelain dekorasi ruangan, penting juga untuk memperhatikan tampilan makanan dan minuman pada acara aqiqah. Ayah dan bunda dapat menyusun display makanan dan minuman yang sederhana namun menarik dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

Baca Juga :  Waktu Yang Tepat untuk Aqiqah Menurut Islam

1. Siapkan Meja Penyajian

Siapkan meja penyajian yang simpel namun menarik. Gunakan taplak meja dengan warna yang serasi dengan tema aqiqah. Pastikan meja memiliki ruang yang cukup untuk menyusun makanan dan minuman dengan rapi.

2. Siapkan Hidangan Utama

Tampilkan hidangan utama seperti nasi kuning, nasi uduk, atau hidangan tradisional lainnya dalam wadah yang menarik. Ayah dan bunda dapat menggunakan piring berwarna atau wadah tematik yang sesuai dengan tema aqiqah. Hiasi hidangan utama dengan potongan sayuran segar atau daun-daun hijau untuk memberikan kesan segar.

3. Siapkan Aneka Jajanan dan Snack

Sediakan aneka jajanan dan snack yang disusun secara estetis. Gunakan wadah atau piring kecil dengan warna-warna yang cerah dan variasikan bentuk makanan. Misalnya, menyusun kue-kue kecil, buah-buahan segar, atau camilan ringan dalam tumpukan atau formasi tertentu.

4. Siapkan Minuman Segar

Sediakan minuman segar seperti air buah, sirup, atau minuman tradisional dalam dispenser atau wadah yang menarik. Tambahkan hiasan seperti irisan buah atau es batu berwarna untuk memberikan sentuhan visual pada minuman.

Tambahan Dekorasi Tematik

Untuk meningkatkan kesan tematik pada dekorasi aqiqah, ayah dan bunda dapat menambahkan elemen dekorasi yang spesifik sesuai dengan tema yang telah dipilih. Beberapa ide tambahan dekorasi tematik adalah :

Banner dan Poster

Buat banner atau poster dengan menggunakan kata-kata yang relevan dengan aqiqah, seperti “Selamat Datang di Tasyakuran Aqiqah”, “Doa Untuk Si Kecil”, atau “Terima Kasih Telah Hadir”. Tempelkan banner atau poster tersebut di dinding atau pintu masuk ruangan acara.

Tempelan Dinding

Tempelkan tempelan dinding atau stiker dengan gambar-gambar yang sesuai dengan tema aqiqah. Misalnya, jika temanya “Ballerina”, tempelkan gambar-gambar sepatu balet atau tutu di dinding untuk memberikan kesan yang lebih mendalam.

Baca Juga :  Paket Aqiqah di Cilacap

Latar Belakang Foto

Siapkan latar belakang foto yang menarik untuk tamu yang ingin berfoto di acara aqiqah. Ayah dan bunda dapat menggunakan kain dengan warna dan motif yang sesuai dengan tema, atau membuat latar belakang dengan balon dan hiasan yang terkait dengan aqiqah.

Kesimpulan

Dekorasi aqiqah sederhana dan murah dapat menciptakan suasana yang indah dan berkesan tanpa harus mengeluarkan anggaran yang besar. Dengan menggunakan balon buatan sendiri dan menggabungkannya dengan dekorasi tambahan yang sederhana, ayah dan bunda dapat menciptakan tasyakuran aqiqah yang sederhana namun memorable.

Ingatlah untuk memilih tema dan warna yang cocok, menghias balon dengan pita atau hiasan, menata balon dengan tata letak yang tepat, dan menambahkan dekorasi tambahan seperti meja makan, lampion, dan bunga segar atau buatan. Semoga artikel ini memberikan inspirasi bagi ayah dan bunda dalam merencanakan dekorasi aqiqah yang sederhana, murah, dan berkesan untuk anak perempuan maupun laki-lakinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top