Yang Disiapkan Untuk Aqiqah

Siapkan Hal Berikut Untuk Acara Aqiqah Si Kecil

yang disiapkan untuk aqiqah

Yang disiapkan untuk aqiqah – Aqiqah merupakan syariat yang dilaksanakan satu kali sejak kelahiran. Aqiqah berasal dari bahasa Arab, al-qat’u, yang artinya memotong. Adapun arti lainnya adalah nama rambut yang akan diaqiqahkan, atau bentuk pengorbanan hewan qurban sebagai rasa syukur atas lahirnya sang anak.

Pelaksanaan aqiqah merupakan momen yang ditunggu oleh ayah dan bunda, pastinya untuk menjalankan syariat Allah Subhanahu Wa Ta’ala serta mengabarkan kabar bahagia atas lahirnya seorang putra. Oleh karena itu, para orang tua menginginkan pelaksanaan aqiqah yang terbaik untuk buah hatinya.

Namun, pelaksanaan aqiqah tidak dapat terlepas dari persiapan aqiqah mengenai apa saja yang harus dipersiapkan atau dengan kata lain persiapan aqiqah merupakan dasar dari perencanaan kegiatan aqiqah yang mana sebisa mungkin tidak ada hal yang terlewat agar pelaksanaan aqiqah dapat berjalan dengan baik.

Ayah dan bunda yang akan melaksanakan aqiqah untuk anak kedua dan selanjutnya, barangkali sudah ada gambaran mengenai aqiqah karena sudah pernah melaksanakan aqiqah untuk anak pertamanya. Namun, bagi keluarga yang baru saja akan menyelenggarakan aqiqah, pastinya ada beberapa pertanyaan yang muncul dan ingin mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk menyelenggarakan aqiqah bagi si kecil. Beberapa pertanyaan yang mungkin muncul diantaranya, “Berapa sih, jumlah hewan yang disembelih”, “Kapan pelaksanaanya?”, “Kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan, ya?”, “Gimana sih, susunan acaranya?”, dan seterusnya. Oleh karena itu, beberapa informasi berikut semoga dapat menjawab pertanyaan ayah dan bunda.   

 

Apa Saja Hal yang Harus Disiapkan Untuk Aqiqah?

 

1. Jumlah hewan

Menurut HR. Abu Dawud, jumlah hewan yang akan disembelih untuk aqiqah adalah dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan.

Baca Juga :  Jelaskan Pengertian Aqiqah

2. Kapan aqiqah dilaksanakan?

Dalam hadits dikatakan bahwa hewan aqiqah bisa dilakukan penyembelihan pada hari ketujuh, hari keempatbelas, dan hari keduapuluhsatu. Namun, alangkah baiknya aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh, berdasarkan hadist berikut ini.

“Setiap bayi digadaikan oleh aqiqah yang disembelih untuk anaknya pada hari ke-7 lalu dicukur dan diberi nama” HR.An-Nasa’i.

3. Biaya yang dibutuhkan

Hal yang dibutuhkan untuk aqiqah selanjutnya adalah biaya. Untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan, kita harus mengetahui  harga hewan yang di sembelih. Estimasi biaya yang diperlukan untuk anak perempuan sekisar 5.000.000 rupiah, sedangkan laki-laki estimasi biaya yang diperlukan adalah 8.000.000 rupiah.

Saat ini banyak sekali yang menawarkan paket aqiqah. Jadi, ayah dan bunda tidak perlu bimbang dan repot untuk memasak sendiri dirumah.

4. Konsep aqiqah

Kalau ayah dan bunda ingin menyelenggarakan acara aqiqah yang terjangkau tetapi tetap mewah, sebaiknya pikirkan dahulu konsep aqiqahnya. Karena konsep aqiqah juga bergantung pada biaya atau anggaran yang dikeluarkan.

Pilihlah Konsep aqiqah yang sederhana sehingga tidak perlu membutuhkan biaya yang cukup mahal  namun masih memiliki arti atau makna yang sama.

5. Undangan

Usahakan tidak megundang terlalu banyak orang, mengapa? Karena semakin banyak tamu yang datang, maka semakin banyak juga jamuan yang harus disiapkan. Perlu diingat bahwa dalam acara aqiqah juga menyembelih hewan. Ada baiknya juga memastikan agar daging yang disembelih cukup untuk tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.

6. Dekorasi, Soundsystem, Tenda

Bagi ayah dan bunda yang ingin acara aqiqah yang sederhana, maka cukup menggunakan tenda sebagai penunjang acara dan dapat menggunakan dekorasi yang sederhana dan simple. Dengan penyelenggaraan acara yang sederhana dengan dekorasi simple, akan membuat acara menjadi unik, bukankah begitu?

Baca Juga :  Jasa Catering Aqiqah

Tetapi, jika ingin menyelenggarakan acara yang mewah, maka ayah dan bunda dapat menyewa gedung. Cara ini cocok bagi yang tidak ingin ribet mengurus dan mensetting semuanya sendiri di rumah. Lalu untuk makanannya dapat memesan layanan catering.

7. Susunan Acara

Susunan acara aqiqah dapat dilakukan seperti hal berikut :

1. Pembukaan

Acara awal sebuah acara aqiqah adalah pembukaan. Hal ini dilakukan oleh pembuka acara dan didahulukan dengan bacaan basmalah.

2. Bacaan Kalam Ilahi

Bacaan kalam ilahi adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang biasanya dilakukan oleh petugas atau qori.

3. Sambutan Tuan Rumah   

Selanjutnya adalah sambutan dari tuan rumah yang berisi tujuan dan maksud acara diselenggarakan serta ucapan terimakasih.

4. Acara inti

Isi dari acara inti adalah pencukuran rambut dan pengesahan nama anak. Pencukuran rambut anak dilakukan pada bagian ubun-ubun dan jangan lupa ketika mencukur dibacakan doa kemudian ditiupkan ke ubun-ubun.

5. Pembacaan tausiyah singkat

Materi tausiyah dapat berisi tentang aqiqah, anak, dan keluarga.

6. Doa Penutup

Doa penutup dipandu oleh ustadz, berharap kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar semua kegiatan ibadah aqiqah dapat diterima.

 

Demikian pembahasan diatas semoga membantu Anda dalam memahami dan memikirkan dengan baik persiapan yang diperlukan untuk kegiatan aqiqah.

Baca Juga artikel lain

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top