Souvenir Aqiqah

Souvenir Aqiqah yang Menarik dan Memorable

souvenir aqiqah

Souvenir Aqiqah – Bagi orang tua yang baru pertama kali mempunyai anak dan hendak melaksanakan ibadah aqiqah, biasanya mereka akan kebingungan menyiapkan berbagai kebutuhan untuk melaksanakan acara tersebut. Dimulai dari membeli hewan kambing hingga menyiapkan souvenir aqiqah yang akan dibagikan.

Aqiqah merupakan acara pengorbanan hewan dalam syariat Islam sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengenai bayi yang dilahirkan. Hukum aqiqah menurut pendapat yang paling kuat adalah sunnah muakkad atau sunnah yang paling diutamakan.

Biasanya, ibu-ibu muda akan sangat bersemangat apabila membahas tentang souvenir untuk aqiqah anaknya. Tapi tak dapat dihindari jika mereka juga kebingungan mengenai souvenir apa yang akan mereka pilih. Lalu, souvenir apa sajakah yang menarik dan memorable yang dapat kita beri untuk tamu undangan di acara aqiqah anak kita?

Berbicara tentang souvenir, apa sih yang dimaksud dengan souvenir itu sendiri? Souvenir merupakan bentuk hadiah yang diberikan kepada orang-orang yang hadir pada acara-acara tertentu. Kini terdapat bermacam-macam bentuk dan variasi souvenir yang dapat kita gunakan untuk acara aqiqah anak kita.

Anda bisa mendapatkan harga souvenir yang lebih murah jika membelinya secara harga grosir. Apabila Anda lihai melakukan negosiasi dengan penjual souvenir, Anda bisa mendapatkan harga yang murah dan mendapatkan potongan diskon sehingga pengeluaran untuk membeli souvenir dapat kita hemat untuk membeli kebutuhan yang lain. Andapun dapat berkreasi dan membuat souvenir aqiqah yang akan diberikan kepada orang lain atau dapat membelinya pada toko-toko yang menjual berbagai macam souvenir baik online maupun di outletnya langsung.

Jika Anda mengolah dan memasak daging aqiqah sendiri, biasanya juga akan mencari souvenir aqiqah sendiri. Namun, apabila Anda menggunakan jasa catering untuk aqiqah, Andapun dapat memesan atau memilih paket yang sudah termasuk souvenir aqiqah sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing untuk mempersiapkannya.

Sebenarnya, hanya dengan menggunakan sekotak nasi aqiqah saja sudah cukup. Namun, akan jauh lebih berkesan apabila ditambah dengan cinderamata alias souvenir. Supaya lebih jelas, berikut ini penjelasan lebih detailnya.

Macam-macam souvenir aqiqah yang menarik dan memorable

1. Frame foto

Untuk momen-momen tertentu dan spesial seperti aqiqah, biasanya terdapat foto yang dicetak untuk dipajang di dalam rumah. Saat ini sudah banyak toko yang menjual aneka jenis frame dengan warna-warna dan desain tertentu yang estetik yang lebih disukai oleh banyak orang dengan aneka selera.

Baca Juga :  Berapa Kambing Aqiqah yang Diperlukan?

2. Pin dan gantungan kunci

Pin dan gantungan kunci merupakan souvenir yang wajib Anda pilih jika Anda ingin berhemat. Jika Anda ingin mengundang ratusan orang, maka dengan memesan pin dan gantungan kunci tidak akan menguras biaya yang terlalu besar. Apabila ingin memberikan souvenir yang unik dan menarik, Anda dapat mencetak foto putra atau putri Anda.

3. Celengan kaleng

Saat ini menabung di bank sudah menjadi hal yang biasa sehingga rasanya apabila menabung di celengan seperti sudah ketinggalan zaman. Namun, ternyata masih ada orang yang lebih senang untuk menabung di celengan. Maka dari itu, menjadikan celengan kaleng sebagai souvenir untuk aqiqah perlu untuk masuk list rekomendasi aqiqah Anda.

4. Tas Furing

Tas furing atau totebag atau goodie bag bisa Anda gunakan sebagai wadah dari nasi kotak yang akan dibagikan kepada para tamu undangan sebagai alternatif pengganti tas kresek.

5. Tumbler

Jika Anda ingin memberikan souvenir yang berkesan mewah kepada para tamu undangan, tumbler bisa Anda gunakan sebagai cinderamatanya. Terdapat dua jenis tumbler yang bisa dimanfaatkan sebagai souvenir, yaitu tumbler plastik dan tumbler stainless steel.

6. Bantal kecil

Souvenir ini cukup jarang diberikan pada saat acara aqiqah. Anda dapat memesannya dengan berbagai ragam bentuk, warna yang unik, dan lucu. Contohnya, Anda dapat memesan bantal leher, bantal dengan inisial huruf nama buah hati, bantal dengan cetakan foto buah hati, dan sebagainya. Namun, selalu pastikan pula bahan bantal yang akan digunakan tetap nyaman.

7. Mug bergambar foto buah hati

Souvenir ini memiliki fungsi sebagai tempat minum maupun hiasan di ruang tamu. Biasanya, mug juga dijual dalam bentuk sepaket lengkap dengan tatakan dan sendok tehnya. Anda juga bisa menambahkan foto buah hati pada mug tersebut.

8. Kotak tisu

Tempat tisu ini sangat berguna untuk meletakkan lembaran tisu di meja agar terlihat rapi dan cantik. Agar semakin unik, Anda dapat menambahkan karakter kartun dan nama bayi di kotak tersebut. Anda juga bisa memilih warna-warna pastel dengan harapan kehidupan buah hati dapat secerah warna-warna tersebut.

9. Reuse Straw

Belakangan ini marak digalakkan kampanye stop plastik, termasuk sedotan plastik. Oleh sebab itu, memberikan souvenir berupa reuse straw atau sedotan pakai ulang merupakan pilihan yang sangat bijak. Selain memberikan souvenir kepada tamu undangan, Anda juga turut serta dalam menggalakkan kampanye stop plastik. Anda bisa memilih sedotan dari bahan baku bambu atau bisa juga sedotan dari bahan stainless steel sebagai alternatif pengganti sedotan plastik.

Baca Juga :  Kapan Waktu Aqiqah yang Sesuai dan Benar

10. Kit New Normal

Selama masa pandemi seperti saat ini, hampers new normal kit dapat menjadi rekomendasi untuk souvenir yang akan diberikan pada acara aqiqah anak kita. Biasanya, isi dari new normal kit terdiri dari cutlery set (alat makan), stainless straw (sedotan stainless), strap mask, tumbler, earloop mask, dan sanitizer. Kit new normal ini bisa Anda dapatkan di e-commerce pilihan Anda atau bisa langsung ke outlet yang menjualnya.

Tips membeli souvenir aqiqah dengan harga yang worth it

Setelah menemukan beragam souvenir untuk dibagikan kepada para tamu undangan, maka Anda harus memastikan hal itu sesuai dengan keuangan yang akan dikeluarkan untuk membeli souvenir. Pertama, pastikan Anda juga menghitung ulang jumlah tamu yang akan hadir sehingga memudahkan dalam menentukan harga terkait souvenir yang nanti akan diberikan.

Harga untuk souvenir tentu berbeda-beda sesuai dengan besar dan kecilnya benda yang akan dijadikan souvenir, bahan dan desain nya, serta toko yang menjualnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips untuk membeli souvenir aqiqah dengan harga yang worth it.

1. Sesuaikan dengan jumlah para tamu undangan

Jumlah souvenir yang harus Anda sediakan bergantung pada ada jumlah tamu undangan yang akan hadir. Semakin banyak undangannya, maka Anda juga harus menyiapkan souvenir dengan jumlah yang cukup banyak. Jika tidak ingin mengeluarkan budget yang terlalu besar, maka Anda dapat memilih alternatif dengan hanya memberikan souvenir kepada para tamu undangan yang penting saja. Contohnya seperti teman kerja, kerabat, dan keluarga. Sehingga pengeluaran untuk membeli souvenir tidak terlalu banyak.

2. Tentukan budget

Saat Anda ingin memilih souvenir, Anda harus menyesuaikan dengan budget yang akan digunakan untuk pengadaan souvenir. Berkaca pada anggaran tersebut, Anda dapat menentukan jenis souvenir yang akan dipilih. Jangan terlalu memaksakan diri untuk memberikan souvenir dengan harga yang mahal, karena dengan pilihan yang tepat dengan harga murahpun souvenir akan tetap menarik.

3. Pilih yang barang yang memiliki kegunaan dan bermanfaat

Kebanyakan dari souvenir yang kita dapatkan kan biasanya hanya untuk dipajang, Namun, apabila Anda menginginkan souvenir yang lebih berkesan, cobalah memilih souvenir yang memiliki sifat untuk dipakai dan memiliki kegunaan. Contohnya seperti tumbler, kotak tisu, mug, totebag, dan lainnya.

Baca Juga :  Siapa Saja yang Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah

4. Pilih souvenir yang unik

Buatlah souvenir yang unik bagi acara aqiqah sang buah hati. Dengan souvenir yang unik dan berbeda tentunya akan menjadi daya pikat tersendiri bagi para tamu undangan sehingga mereka akan terkesan bahkan memuji Anda. Hal ini pasti akan menambah kebahagiaan Anda dan para tamu undangan yang hadir.

5. Pesan dari jauh-jauh hari dan toko yang terpercaya

Usahakan untuk memesan souvenir ini jauh-jauh hari apalagi jika Anda memesan souvenir yang cukup banyak, pasti akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pengerjaannya. Anda dapat mengantisipasinya dengan memesan lebih awal sebelum acara berlangsung. Pilihlah toko yang terpercaya dan berpengalaman dalam pembuatan jasa souvenir sehingga Anda tidak akan kecewa jika sudah memesannya. Hal ini perlu dilakukan untuk pembelian di toko souvenir, sehingga barang tetap aman sampai di tangan pemesan.

Kesimpulan

Anda bisa membeli kenang-kenangan sesuai dengan ide souvenir aqiqah yang murah dan unik baik di toko online maupun offline, karena pasti ada toko grosir yang menyediakan aneka souvenir. Anda dapat menggunakan salah satu ide souvenir aqiqah murah dan unik sekaligus eksklusif dengan menambah foto atau nama anak Anda.

Tentukan budget dan jumlah para tamu undangan. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mengontrol keuangan untuk membeli souvenir sehingga pengeluaran yang akan dikeluarkan bisa terkendali dan tidak terlalu menguras dompet. Beberapa rekomendasi aneka souvenir yang dapat Anda pilih untuk digunakan sebagai oleh-oleh para tamu undangan ketika mereka pulang dari acara aqiqah yang tentunya harus Anda beli jauh-jauh hari sebelum hari pelaksanaan aqiqah tersebut digelar.

Pilihlah souvenir yang memiliki nilai pakai dan bermanfaat untuk keperluan sehari-hari sehingga souvenir yang dibagikan ke tamu undangan akan jauh lebih berkesan dan tidak sia-sia. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan rekomendasi-rekomendasi dan tips untuk membeli souvenir dari pernyataan diatas sehingga dapat membantu Anda untuk mempersiapkan souvenir aqiqah sang buah hati.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top