Jelaskan Pengertian Aqiqah

Mengenal Pengertian Aqiqah, Waktu, Hingga Hikmah

jelaskan pengertian aqiqah

Jelaskan pengertian aqiqahaqiqah adalah pengurbanan hewan dalam Islam, sebagai bentuk rasa syukur umat Islam terhadap Allah SWT karena terlahirnya seorang bayi. Aqiqah berarti menyembelih kambing pada hari ketujuh setelah kelahiran seorang bayi. Hukum aqiqah adalah sunah muakkadah bagi mereka yang mampu, sedangkan sebagian ulama mengatakan itu wajib.

Jelaskan pengertian aqiqah – Aqiqah memiliki dua pengertian, yakni yang pertama adalah memotong rambut bayi yang baru lahir dan yang kedua adalah memotong atau melakukan penyembelihan hewan. Aqiqah adalah proses yang dilakukan dengan cara menyembelih hewan ternak, lalu daging tersebut dibagikan kepada saudara atau tetangga.

Waktu Terbaik Aqiqah

Waktu yang pas untuk melakukan aqiqah adalah hari ketujuh dari hari setelah kelahiran sang bayi. Hal tersebut sudah dijelaskan pada hadis yang diriwayatkan, HR. Tirmidzi.

Cara menentukan hari ketujuh untuk melaksanakan aqiqah yaitu jika bayi lahir pada siang hari maka sudah termasuk hari pertama, jika bayi lahir pada malam hari maka hari tersebut tidak termasuk jadi hari pertama nya hari berikutnya.

Tata cara aqiqah

1. Menyembelih kambing

Jumlah kambing yang disembelih untuk aqiqah berbeda antara anak perempuan maupun anak laki-laki. Kambing yang digunakan untuk aqiqah anak perempuan, orang tua cukup menyiapkan satu ekor kambing, sedangkan untuk aqiqah anak laki-laki orang tua cukup menyediakan dua ekor kambing.

Syarat kambing yang disembelih untuk aqiqah sama dengan hewan qurban, yaitu kambing yang berkualitas, dilihat dari segi jenis dan usia. Kambing harus bebas dari cacat dan penyakit.

Walaupun aqiqah identik dengan menyembelih kambing, namun sekarang sudah banyak yang membeli masakan kambing yang sudah siap digunakan untuk acara aqiqah.

Baca Juga :  Ingin Buat Nasi Kebuli Tapi Ribet? Inilah Cara Bikin Nasi Kebuli yang Praktis

2. Memasak daging aqiqah

Daging aqiqah lebih baik dimasak dahulu sebelum dibagikan ke orang lain. Namun, ada yang mengatakan bahwa daging aqiqah dapat dibagikan dalam keadaan mentah, tetapi lebih baik jika dimasak terlebih dahulu.

3. Memakan sebagian daging aqiqah

Menurut hadis riwayat Al-Bayhaqi, daging aqiqah sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan.

4. Memberi nama pada sang anak

Sang anak harus diberi nama pada saat aqiqah dan pilihlah nama yang memiliki arti yang baik. Karena kelak nama yang baik akan mencerminkan perilaku serta akhlak anak kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan lingkungan sekitarnya.

5. Proses mencukur rambut sang bayi

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menganjurkan untuk melakukan pencukuran rambut sang bayi pada saat aqiqah. Namun, tidak ada hadis yang menjelaskan tentang hal tersebut. Tetapi yang jelas, pencukuran harus dilakukan secara merata.

Hukum melaksanakan aqiqah

Melakukan aqiqah adalah ajaran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Secara hukum, aqiqah dibedakan menjadi dua yaitu sunah dan wajib.

Secara sunah, hukum aqiqah adalah sunah muakkad atau sunah yang diutamakan. Artinya, jika seorang muslim mampu melaksanakannya maka ia dianjurkan untuk melakukan aqiqah pada saat sang anak masih bayi. Dan jika orang tersebut kurang mampu maka pelaksanaan aqiqah maka aqiqah dapat ditiadakan atau tidak dilaksanakan.

Secara wajib, menurut hadis Ahmad, aqiqah wajib dilakukan. Namun, pendapat tentang wajibnya aqiqah masih kalah dengan pendapat bahwa aqiqah adalah sunah.

Yang membiayai aqiqah

Sudah jelas bahwa yang membiayai aqiqah adalah orang tuanya karena anak adalah tanggung jawab orang tua. Namun, proses aqiqah boleh dibiayai oleh orang lain selain orang tua.

Hikmah melaksanakan aqiqah bagi umat islam

  1. Aqiqah membantu dalam mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia Nya berupa kelahiran seorang anak. Karena nantinya sang anak dapat menjadi harapan bagi kedua orang tuanya dan menjadi penerus yang sholih atau sholihah bagi keluarganya.
  2. Melaksanakan aqiqah berarti mengikuti ajaran dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.
  3. Sebagai momen untuk berbagi pada sesama dan mempererat tali persaudaraan
  4. Bentuk rasa gembira dan upaya berbagi kegembiraan pada orang lain
  5. Dapat melindungi sang anak agar terhindar dari gangguan setan
  6. Aqiqah dapat memberikan syafaat bagi kedua orang tua sang anak.
Baca Juga :  Hikmah Aqiqah

Baca Juga artikel lain

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top